Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia

Mendengar dan mencermati lirik dari lagu baru DEWA 19 yang berjudul "Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia", sepertinya kata "perempuan" bisa ditafsirkan sebagai makna dari "ibu pertiwi".
Atau mungkin, ini semacam perasaan dilematis bagi diri yang mengalami tumpukan cinta. Dilematis karena bingung, cinta kepada siapa/apa yang harus diutamakan atau ditempatkan lebih atas. Dalam konteks ini, pada seorang perempuan atau pada Indonesia. Ah.., cengeng! -tapi menurut pikir dan rasa saya, itu benar.

Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia
(Ahmad Dhani)

merah darahku bulat tekadku
setelah aku tatap wajahmu
berkobar seluruh jiwa dan ragaku
untuk perjuangkan cinta yang kuyakini

putih tulangku semangat cintaku
setelah aku raba tanganmu
rasakan kulitmu yang selembut salju
serentak bergelora darah mudaku

kamu adalah perempuan yang paling cantik
di negeriku indonesia kamulah yang nomor satu
aku tak akan bisa sukai lagi perempuan yang lainnya

revolusi cinta matiku
telah bergema ke seluruh negeri
inilah tonggak sejarah dalam hidupku
karena kuyakin kamu adalah takdirku

dengan tegasnya kunyatakan
kamulah akhir perjuanganku
kuburkan cinta cinta yang sudah sudah
kemerdekaan aku kamu yang kutunggu

Comments