Selamat Tahun Baru Hijriah & Masehi

Bagi saya, pergantian tahun/tahun baru merupakan perlambang pergantian waktu dalam satuan yang khas. Sama halnya dengan peringatan ulang tahun/hari kelahiran kita. Perbedaanya, tahun baru merupakan perlambang pergantian waktu bagi kita sebagai diri yang memiliki sisi kolektif. Sedangkan, ulang tahun merupakan perlambang pergantian waktu bagi sisi individu kita.

Yang saya simpulkan dari pengamatan saya terhadap fenomena pergantian tahun adalah, penyikapan seseorang terhadap pergantian tahun identik dengan penyikapannya terhadap ulang tahunnya. Jika seseorang cenderung senang untuk merayakan hari ulang tahunnya, dia pun cenderung senang atau ingin merayakan tahun baru. Jika seseorang memilih penyikapan ulang tahunnya dengan cara berkontemplasi, dia pun cenderung ingin memilih momen tahun baru sebagai momen berkontemplasi bersama. Dan bagi seseorang yang menyikapi hari ulang tahunnya dengan sikap biasa-biasa saja, dia pun akan menyikapi tahun baru biasa-biasa saja, tanpa perayaan atau pemaknaan khusus.

Sekedar mengutarakan apa yang saya tangkap dari perihal sikap orang-orang sekitar—dan saya tentunya. Bisa iya, bisa tidak.

Selamat Tahun Baru Hijriah & Masehi.

Semoga kehidupan kita sebagai diri individu dan kolektif berubah menjadi semakin baik, seiring berubahnya waktu.

Comments