Para Ibu Berdemostrasi Tolak Menara TVRI

Jurnalperempuan.com-Jakarta. Selasa (20/7) siang, para ibu warga RT 17 dan RT 6, RW 2, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat berdemontrasi menolak pembangunan menara TVRI. Keseriusan demonstrasi mereka tunjukkan dengan menutup jalan Joglo Raya. Spanduk bertuliskan “Usut Tuntas Proses Perizinan Pembangunan Menara TVRI Joglo” dibentangkan. Demikian informasi yang diwartakan harian Kompas, Rabu (21/7).

Dikatakan Juru Bcara demonstrasi, Pia Tobing, perundingan warga dan pihak TVRI mengalami kebuntuan. Akhirnya warga berunjuk rasa karena Polisi tidak bisa menjamin penghentian pembangunan menara. “Besok kami akan melanjutkan aksi sampai keadilan itu datang,” tegas Pia.

Demonstrasi tersebut membuat Joglo Raya macet total. Wakil kepala Polres Metro Jaya Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar, Aan Suhanan menyayangkan aksi tutup jalan para demonstran. “Kalo sampai menutup jalan umum, itu artinya merampas hak publik demi kepentingan kelompok saja,” jelasnya. Aan juga mengatakan, polisi tak keberatan masyarakat berunjuk rasa karena aksi itu dilindungi undang-undang.

Dilansir dari detik.com (20/7) menuliskan, para ibu berdemonstrasi karena letak menara yang terlalu dekat dengan pemukiman. Warga tak mau kenyamanannya terganggu. “Kami takut kalau menara roboh,” ujar Pia Tobing, selaku juru bicara demonstran.

Sementara situs bataviase.co.id (21/7) melaporkan, selain para ibu, demonstrasi diikuti juga sekitar 30 orang dari satu ormas kedaerahan.
Sayang, demonstrasi berakhir ricuh. Dari berbagai sumber media diwartakan, ada enam orang demonstran yang ditawan dan diketahui ada pihak polisi yang mengalami luka serius.

Sejak mulai dibangun di tahun 2004, warga melakukan penolakan. Berita terakhir yang dimuat detik.com, Rabu (21/7), warga urung melakukan demonstrasi di hari Rabu. Menurut Fitri yang juga juru bicara, 1-2 hari ke depan, warga tidak akan melakukan demonstrasi dengan catatan, polisi dapat memenuhi kemauan warga untuk meminta kepada pihak TVRI, menunda pembangunan menara.

Usep Hasan Sadikin

Comments